5 Cara Mengatasi Hp Lemot Yang Wajib Anda Lakukan Agar Kembali Kencang

Jika ingin hp terhindar dari proses yang lemot, maka harus dilakukan beberapa usaha yang menyeluruh. Penyebab hp lemot bisa ditimbulkan oleh beberapa hal, misalnya saja kapasitas memori internal yang sudah “warning” karena banyaknya aplikasi terpasang ataupun saat menjalankan banyak aplikasi sekaligus atau multi tasking yang tidak didukung dengan ram HP yang besar dan lain sebagainya.

Panduan Cara Mengatasi HP Lemot Menjadi Kencang KembaliJika kapasitasnya sudah hampir penuh, tentu kinerja proses berjalannya aplikasi, game maupun membuka dan membaca file bisa menjadi lemot. Adakalanya pemilik smartphone merasakan kinerja yang lambat pada handphonenya sehingga merasa terganggu dengan keadaan seperti itu. Tentunya kita ingin membuat HP tidak lemot saat digunakan baik itu untuk mengerjakan tugas sehari-hari, bermain game maupun menjalankan aplikasi.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena berbagai cara memang bisa dilakukan supaya HP tidak lemot dan malah bisa menjadi lebih cepat dari biasanya sehingga terasa lebih nyaman untuk melakukan berbagai aktifitas. Beberapa cara yang biasanya digunakan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut agar HP tidak lemot dan kembali kencang antara lain

1. Tambah Micro SD 

Penggunaan Micro SD Dapat Membuat Hp Menjadi Kencang dan Tidak Lemot
Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi HP lemot karena memori adalah menambahkan micro SD sebagai alat bantu penyimpanan eksternal. Jadi data file seperti dokumen, foto atau video bisa dipindahkan ke sana. Sehingga memori internalpun dapat lebih luang dan  membuat HP tidak lemot.

Semakin besar micro SD yang anda tambahkan, maka semakin besar pula kapasitas ruang penyimpanan yang bisa anda gunakan untuk memasang aplikasi lainnya sehingga anda tidak perlu khawatir dengan memori internalnya karena banyak aplikasi kini bisa dipindahkan ke memori penyimpanan eksternal

2. Optimasi Penggunaan RAM 

RAM yang Besar Dapat Mengatasi Hp yang Lemot Menjadi KencangRAM merupakan singkatan dari Random Access memory mempunyai fungsi untuk menjalankan aplikasi yang sebelumnya bekerja dengan cara komputasi pada prosesor. Data yang telah diproses dengan cara komputasi selanjutnya diteruskan pada RAM dengan tujuan agar aplikasi dapat ditampilkan serta dijalankan dengan baik sesuai fungsinya. 

Tentunya semakin banyak aplikasi yang sedang dijalankan oleh pengguna smartphone akan membuat kapasitas dari RAM menjadi berkurang.

Bertambahnya RAM akan berdampak pada kinerja smartphone alam menjalankan berbagai fungsinya seperti browsing, chatting, hingga bermain game android maupun iOS baik yang berupa online maupun offline akan terasa makin ringan dan cepat. RAM sendiri merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi sangat besar terhadap kinerja sebuah smartphone.

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk optimasi RAM pada android adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama RAM Control Extreme Pro. Langkah-langkah yang dilakukan pertama kali tentunya adalah mendownloadnya secara gratis pada playstore, kemudian menginstalnya.

Pada saat pertama kali membuka aplikasi yang satu ini hal yang perlu dilakukan adalah memilih menu RAM Booster, lalu Boost RAM agar bisa menaikkan RAM pada smartphone. Selanjutnya yang perlu dilakukan agar kinerja RAM bisa segera dirasakan adalah dengan cara memilih menu START di tombol Auto RAM Booster.

Efeknya adalah RAM akan segera berjalan dalam beberapa waktu, sehingga bisa dirasakan bagaimana kinerjanya. Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur waktu yang terdapat pada Auto RAM Booster.

3. Menggunakan Aplikasi Multi Fungsi

Sebagai salah satu cara mengurangi kelemotan HP dari segi aplikasi, maka memilih aplikasi dengan banyak fungsi akan sangat membantu. Misalnya saja untuk aplikasi pembaca dokumen. Dibandingkan harus mendownload satu persatu pembaca file PDF, excell, word, ppt, dan sebagainya, pilihlah aplikasi yang dapat mengakomodasi semua dokumen.

Tidak hanya itu, ada juga aplikasi yang bisa “dihemat”, misalnya aplikasi cleaner yang juga dapat berfungsi sebagai pembersih spam dan cookies. Jika tidak penting, jangan banyak mendownload permainan karena spesifikasi HP gaming dengan yang standar tentu tidak sama. Bukan berarti HP dengan RAM yang besar selalu dapat mengakomodasi semua game tanpa lemot.

4. Menghapus Riwayat / Cache

Penyebab lain HP menjadi lemot adalah jarang dibersihkan. Jadi, jika sering membuka website atau riwayat lainnya jangan lupa dihapus secara berkala. Selain itu, lakukan pembersihan cache dengan menggunakan aplikasi sehingga bisa menghemat beberapa ruang di penyimpanan internal. Tidak hanya tentang penyimpanan, HP lemot juga sangat bisa diakibatkan oleh pengaruh virus.

Virus bisa datang melalui transaksi via bluetooth maupun saat membuka internet. Oleh karena itu, sebaiknya bluetooth tidak sering dinyalakan dan aturlah sehingga hanya transaksi yang diizinkan saja bisa diterima. Selain itu, jangan menunggu peringatan dari antivirus. Lakukan updating dan scanning secara berkala supaya HP bisa benar-benar terhindar dari ancaman ini.

5. Menghapus Aplikasi Berat

Berbagai aplikasi memang diperlukan untuk berada dalam HP agar bisa digunakan untuk mempermudah kinerja dari seseorang. Akan tetapi hal yang perlu untuk diperhatikan adalah semakin banyak aplikasi terpasang pada handphone maka semakin besar pula kerja yang harus dilakukannya. Oleh karena itulah sebaiknya hapus saja aplikasi yang memiliki kinerja berat diantaranya yaitu:

Aplikasi Sosial Media

Aplikasi Facebook Dapat Membuat Hp Menjadi Lemot
Perangkat-perangkat seperti memori dan baterai akan bekerja ekstra sehingga akan mempengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri. Salah satunya adalah aplikasi facebook yang memiliki ukuran file yang besar sehingga akan mengganggu kinerja handphone.

Hal ini dikarenakan aplikasi ini memiliki banyak fitur seperti notifikasi, serta konten-konten berupa foto dan video yang secara realtime bekerja dibalik layar HP anda yang tentunya juga akan menguras kuota. Alternatifnya bisa digunakan facebook lite maupun membukanya melalui browser.

Aplikasi lainnya yang juga mempengaruhi kinerja dari RAM, memori, baterai dan juga menghabiskan banyak kuota adalah aplikasi facebook messenger. Aplikasi dari facebook ni memang merupakan fasilitas chat pada android yang menyenangkan untuk digunakan, hal ini juga didukung oleh adanya fitur-fitur menarik serta mudah digunakan. Alternatifnya adalah dengan menggunakan browser maupun facebook lite. 

Aplikasi jejaring sosial lainnya yang juga sebaiknya tidak dipasang adalah path yang saat ini memang populer. Aplikasi yang sangat mengasyikkan karena selain tidak dibatasi berapa jumlah teman yang dimiliki serta banyaknya foto maupun video terpajang di sana menjadikannya populer. Kekurangan yang dimilikinya adalah banyaknya cache sampai jumlahnya bisa mencapai ratussan MB, sehingga bisa membuat handphone menjadi lemot dan hang.

Aplikasi Widget Cuaca

Aplikasi lainnya yang tidak berupa jejaring sosial juga bisa menyebabkan gangguan pada handphone, diantaranya adalah widget cuaca dan juga antivirus. Aplikasi widget cuaca ini memang membantu manusia untuk bisa mengetahui keadaan cuaca terkini pada suatu lokasi tertentu. 

Fungsinya memang diperlukan dan sangat bermanfaat akan tetapi aplikasi ini bisa, menjadikan kuota yang terus menerus tersedot karena update dilakukan setiap saat.
Solusi yang bisa digunakan adalah dengan mengaktifkan lokasi lalu mencari informasi keadaan cuaca melalui pencarian di google.

Aplikasi Anti Virus

Aplikasi Anti Virus Terus Berjalan di Latar Belakang Sehingga Menyebabkan Hp Menjadi Lemot
Aplikasi berupa antivirus cukup berat untuk dijalankan dan untuk handphone android biasanya tersebar kamputer ataupun laptop yang sebelumnya terinfeksi, serta dari mendownload aplikasi dari sumber tidak terpercaya. Solusinya adalah dengan cara mendownload aplikasi melalui Google Play Store yang terjamin keamanannya.

Aplikasi Anti Virus tentu saja memerlukan RAM yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi tersebut agar dapat berjalan dengan sesuai peranannya. Sehingga jika anda tetap ingin memasang aplikasi anti virus di HP anda, ada baiknya anda melihat-lihat review pengguna pada aplikasi tersebut agar dapat mengetahui kinerjanya pada berbagai jenis HP pengguna lainnya

Adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjadikan perkembangan sebuah aplikasi maupun game menjadi semakin besar dan membutuhkan spesifikasi HP yang lebih baik agar dapat berjalan dengan lancar. Sehingga anda juga harus memikirkan kira-kira dalam memilih HP yang anda gunakan sudah cukup baik atau perlu diganti saja dengan yang baru. Selain itu HP yang lemot bisa juga dikarenakan karena perangkat anda bukan merupakan produk asli dari pabrik, sehingga anda harus melakukan pengecekan nomor IMEI dulu untuk memastikannya
BERIKAN KOMENTAR ()