Cara Cek IMEI HP Untuk Mengetahui Keaslian Perangkat

Setiap orang di Indonesia memiliki KTP sebagai identitas dirinya sendiri.  Perangkat keras berupa HP juga terdapat identitasnya masing-masing sehingga setiap dikeluarkan oleh pabrik memiliki IMEI sendiri-sendiri, tentunya pemberian nomor ini memiliki tujuannya tertentu.
Ilustrasi Cara Mengecek nomor IMEI HP Yang DigunakanIMEI sendiri merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, setiap perangkat selular yang telah didatangkan memiliki nomor IMEI sendiri-sendiri yang unik sehingga antara yang satu dan lainnya menjadi berbeda-beda.

Pada saat seseorang membeli handphone baru baik itu ia dapatkan dengan cara mengkredit atau cash, di berbagai bagiannya akan terdapat angka IMEI. Kode ini biasanya bisa dilihat pada kotak perangkat, baterai dan juga pada penerimaan.

Seseorang yang telah membeli handphone dapat dengan mudah untuk mengecek IMEI dari perangkat yang dimilikinya, tentunya antara pengguna iOS, Android, Blackberry, dan juga windows phone. No IMEI sangat penting untuk diketahui agar dapat melacak HP apabila hilang atau dicuri sehingga anda bisa menemukannya. Selain itu juga untuk mengetahui keaslian HP yang anda gunakan asli dari pabrikannya atau tidak. 

Cara Cek No IMEI

IMEI adalah identitas hp dimana setiap unitnya memiliki nomor berbeda. Jika belum mengetahui tentang kode tersebut, maka anda bisa melakukan beberapa cara berikut untuk mengeceknya

1. Pengguna iOS dapat melakukan pengecekan IMEI dengan ke bagian settings lalu pilih General, selanjutnya cari About maka IMEI telah dapat ditampilkan.

2. Pemilik handphone Android bisa melaui settings terus langsung ke About Phone maka IMEI telah terlihat dengan jelas.

3. Bagi orang yang menggunakan Blackberry bisa melakukannya dengan options lalu lihat status, IMEI akan muncul disana.

4. Khusus pengguna windows phone dapat melakukannya dengan ke bagian settings, kemudian About, terakhir ke More Information, di sana IMEI akan muncul dan terlihat jelas.

Semua langkah diatas akan menampilakan beberapa identitas telepon yang akan muncul seperti nomor IMEI, tipe HP, merk, provider, aktifitas terakhir, dan tanggal teregistrasi. 

Ada cara lain dan lebih mudah yang juga bisa dilakukan untuk semua HP yaitu dengan menekan *#06# pada handphone, maka selanjutnya otomatis IMEI akan muncul pada layar. Masukkan nomor *#06# dan tekan simbol telepon untuk mendial maka layar hp otomatis menampilkan no IMEI dan SN perangkat yang digunakan

IMEI sendiri terdiri dari 15 digit, yang pada setiap digitnya bisa memberikan fungsinya masing-masing sebagai pemberi identitas pada handphone. 

Saat ini format terbaru dari IMEI memiliki bentuk AA - BBBBBB - CCCCCC - D, untuk A adalah identitas yang dipergunakan bagi produsen perangkat ini, sedangkan kode B berguna mengetahui model dari telepon. 

Kode lainnya adalah yang C sebagai nomor identitas serta D digunakan untuk mengonfirmasi seluruh angka IMEI pada perangkat.

Tentunya dengan adanya IMEI ini akan berdampak pada layanan-layanan yang mengenal identitas dari perangkat seseorang. Kegunaan dari IMEI jika seseorang mengalami kehilangan handphonenya karena dicuri bisa menonaktifkannya. Selanjutnya yang bisa dilakukannya adalah menghubungi pihak perusahaan telekomunikasi, lalu memberikan laporan tentang kejadian kehilangannya. Anda juga bisa melakukan pelacakan ponsel yang hilang melalui pelacakan no HP 

Hal yang akan terjadi adalah bisa membuat handphone hasil dari tindakan kriminal tersebut menjadi tidak berguna lagi. Meskipun demikian adakalanya pencuri bisa melakukan pengubahan nomor IMEI sehingga handphone tersebut masih bisa digunakan lagi

Hal ini bisa terjadi karena bisa dibuat perangkat kloning, untuk mengantisipasinya maka sebaiknya janganlah membagikan IMEI kepada umum agar menghindari kejadian seperti ini. Hal yang juga perlu dilakukan jika kehilangan handphone adalah segera melaporkannya agar bisa diminimalisir peluang-peluang terjadinya masalah ini.
BERIKAN KOMENTAR ()