Langsung ke konten utama

Cara Memperkuat Sinyal HP Android Dengan Settingan Yang Benar

Smartphone dan akses internet adalah dua kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan. Kedunya kini berperan penting untuk mempermudah aktivitas sehari-hari para penggunanya. Mulai dari memperlancar komunikasi, memenuhi kebutuhan informasi terupdate hingga memberikan hiburan (entertaiment). Peran penting keduanya tentu saja mengakibatkan ketergantungan bagi para pengguna. Kondisi ini akan mengakibatkan para pengguna mengalami kesulitan dalam beraktivitas ketika salah satu dari kedua komponen ini mengalami gangguan. 

Cara Memperkuat Sinyal HP Menjadi Stabil dan Lancar
Terlebih lagi jika akses internet menjadi lemot sehingga anda harus bisa memperkuat sinyal HP agar membuat smartphone khususnya Android dapat berfungsi optimal. Dalam kasus ini, pemilihan operator jaringan seluler tentu sangat berpengaruh terhadap kecepatan koneksi internet. Disamping pemilihan operator  jaringan seluler, pengaturan beberapa fitur pada smartphone Android Anda ternyata juga dapat mempengaruhi kecepatan internet. Berikut ini adalah pengaturan beberapa fitur yang disarankan untuk memperkuat sinyal HP agar kecepatan akses internet smartphone bisa bertambah ngebut.

1. Hapus Cache

Penggunaan internet untuk membuka berbagai aplikasi tentu akan meninggalkan cache pada memori smartphone-mu. Semakin sering intensitas penggunaannya, cache yang ditinggalkan akan semakin menumpuk dan mempengaruhi performa ponsel pintarmu. Agar kecepatan internet smartphone Android Anda tidak terganggu, maka rutinlah dalam membersihkan cache. Caranya dapat dilakukan secara manual melalui menu settings-storage-cache, lalu pilih opsi clear cache. Namun, jika kamu menginginkan cara yang lebih simple silahkan download aplikasi One Tap Cache Cleaner atau Clean Master.

2. Kompres gambar

Hampir semua browser search engine telah dilengkapi dengan fitur data saving. Disamping dapat menghemat kuota, fitur ini juga mampu mempercepat koneksi internet smartphone-mu. Apabila kamu menon-aktifkan muatan gambar atau mengompresnya ke ukuran terkecil, maka proses loading halaman website akan semakin cepat. Tapi perhatikan juga bahwa jika anda ingin melihat gambar pada halaman website dengan kualiatas terbaik, maka jangan aktifkan fitur ini sehingga gambar tampil dengan maksimal.

3. Atur User Agent

Setiap smartphone memang memungkinkan untuk menampilkan website dengan format mobile maupun komputer. Namun, tahukah kamu bahwa penggunaan mode tampilan website pada smartphone justru akan memperlambat akses internetmu. Oleh karena itu, ubahlah pengaturan pada user agent menjadi mobile. Tujuannya adalah agar data dikompres sesuai dengan tampilan smartphone sehingga akses internet menjadi semakin cepat dan stabil

4. Gunakan VPN

VPN dapat membantu ponsel pintarmu terhubung ke alamat IP di negara lain. Selain itu, VPN juga berguna untuk membuka situs-situs yang telah diblokir oleh pemerintah. Kamu dapat menggunakan VPN untuk mengatasi lemotnya sinyal internet di suatu area tertentu. Pengubahan pengaturan pada VPN juga berpotensi meningkatkan kecepatan internet smartphone-mu. Tetapi, terdapat catatan khusus, yaitu pastikan ponsel pintarmu terhubung dengan alamat IP yang tepat.

5. Pilih aplikasi 4G Speed Optimizer

Aplikasi 4G Speed Optimizer dapat digunakan jika smartphone-mu sudah diroot. Penggunaan aplikasi ini dapat meningkatkan kecepatan internet ponsel pintarmu hingga mencapai 200%. Cara kerja aplikasi 4G ini adalah dengan memberikan tweak khusus kepada pengguna. Jadi, kamu pun dapat leluasa untuk mengatur dan memilih kecepatan 4G untuk koneksi internet sesuai kebutuhanmu.

6. Set Ulang Jaringan di HP

Terkadang sinyal di HP dapat berubah atau bahkan hilang dikarenakan beberapa hal secara tiba-tiba. Oleh karena itulah anda harus melakukan set ulang jaringan agar dapat kembali menangkap sinyal HP tersebut. Untuk melakukannya silahkan anda aktifkan mode pesawat kemudian tunggu beberapa saat lalu non aktifkan lagi. Maka HP akan mencari dan menangkap sinyal baru yang lebih kuat sehingga dapat memperkuat sinyal HP yang sebelumnya lemah. Hal ini karena ketika anda mengaktifkan mode pesawat, maka HP anda akan memutus semua jaringan yang ditangkap sebelumnya sehingga ketika anda menonaktifkannya, maka sinyal baru yang lebih kuat dapat ditangkap oleh jaringan HP anda tersebut.

7. Pilih Provider Terbaik

Perhatikan kualitas jaringan dari provider tersebut di daerah Anda. Hal ini penting untuk diketahui, karena kualitas jaringan akan sangat berkaitan dengan kenyamanan penggunaan ponsel Anda. Ponsel secanggih apapun jika menggunakan provider yang lemah sinyal atau bahkan nyaris tak ada sinyal juga tetap tidak akan berguna. Carilah provider yang memiliki sinyal yang kuat. Mungkin Anda bisa bertanya dulu kepada teman Anda yang juga tinggal di tempat tersebut, kira-kira kartu SIM apa yang memiliki jaringan yang kuat di sana.

Dengan memperkuat sinyal HP menjadi cepat dan stabil, berbagai aktivitas yang sifatnya penting akan dengan mudah Anda lakukan dan jalankan tanpa harus mempermasalahkan dan mengkhawatirkan masalah sambungan seperti pendaftaran CPNS, pendaftaran ke universitas, registrasi membayar pajak, registrasi membuat passport dan masih banyak lagi. Selain itu, beberapa fasilitas publik juga akan semakin berfungsi dengan adanya internet yang berkecepatan  tinggi seperti yang ada di CCTV atau pada perangkat keamanan yang sering ada di ponsel-ponsel. Dunia digital yang semakin canggih tentu saja akan membuat segala hal yang awalnya mustahil menjadi mungkin.


Komentar