Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Melalui Pendekatan

Di era modern seperti sekarang, kita pasti sudah tak asing lagi dengan teknologi canggih dari komputer dan  smartphone yang bisa memuat berbagai jenis games baik yang mudah cara bermainnya, sampai yang rumit sekalipun.

Bermain games sebenarnya sah-sah saja selama hal itu tidak membuat pemainnya menjadi kecanduan dan sampai lupa waktu dan tempat. Tapi akan menjadi masalah jika games tersebut dilakukan dengan berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan tidaklah memberikan efek yang baik.

Dampak negatif game online bisa saja membuat pemainnya mengalami penurunan kesehatan karena tubuhnya jadi jarang banyak bergerak. Games bisa juga mengubah pola hidup, hubungan sosial, psikologi, memicu tindakan kekerasan dan kriminal, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Di berbagai negara maju dan berkembang, bahaya game online sampai kecanduan games agaknya sudah digolongkan sebagai jenis kecanduan yang membayakan. Mengingat games bukan hanya memiliki fungsi menghibur pemainnya, tapi juga memiliki dampak negatif yang lebih banyak, sebaiknya para gamers perlu lebih berhati-hati dan mengontrol diri dalam bermain. Perlu juga diambil beberapa langkah tegas agar tidak kecanduan main games.

Cara Mengatasi Kecanduan Game

Kecanduan games biasanya datang dari rasa bosan. Jika itu adalah alasan mengapa kamu bermain games, maka sebaiknya kamu mencari kegiatan lain yang lebih positif, misalnya bercengkerama dengan anggota keluarga, melakukan olahraga, bermain music, menjadi blogger, dan lain-lain. Cobalah lakukan kegiatan apapun yang bisa menyibukkan kamu dan menjauhkan kamu dari games.

Rasa candu pada games, terutama game terbaru, bisa juga karena adanya rasa kesepian yang melanda. Bisa jadi kesepian ini disebabkan oleh diri sendiri yang tak mau berbaur dengan orang-orang di sekitar. Jika kesepian inilah penyebab kamu menjadi kecanduan games, ada baiknya kamu mencoba membuka diri dan berbaur dengan orang lain.

Cobalah berinteraksi dengan orang-orang di dunia nyata dan berhentilah mengurung diri, atau bisa juga coba curhat kepada kerabat terdekat tentang kecanduan games jika kamu telah terlanjur mengalami kecanduan games. Siapa tahu mereka bahkan bisa membantumu mencari jalan keluar yang lebih baik dan membuat hidupmu menjadi lebih berwarna.

Seperti pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, sama halnya dengan kecanduan games ini. Lebih baik menghindari daripada terlanjur kecanduan, dimana kecanduan games akan menjadi kebiasaan yang lebih sulit lagi dilepaskan.

Perlu niat yang bukan main-main serta tekad yang kuat untuk bisa sepenuhnya terbebas dari kecanduan itu. Saat kamu merasa down dan tidak ada orang lain yang memotivasi kamu, maka kamu sendirilah yang harus bisa memotivasi diri dan berkomitmen untuk bisa berubah. Sebagai bahan pertimbangan, mungkin kamu perlu untuk selalu memikirkan dampak buruknya. Dengan memikirkan dampak buruk yang mungkin akan didapatkan, secara tidak sadar perlahan kamu akan menjauhi games itu.

Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game 

Jika yang kecanduan game adalah anak anda, perlu penanganan yang lebih baik untuk mengatasinya. Berbeda dari orang dewasa yang memiliki banyak pemikiran tentang hidupnya, anak-anak cenderung bermain game hanya untuk melakukan kesenangan saja. Oleh karena itu, langkah tegas supaya anak-anak tidak kecanduan main games yang harus anda lakukan.

Dekati Dan Pahami

Jika Anda tidak ingin anak Anda terlanjur kecanduan games, dekatilah anak Anda sebaik mungkin. Pahamilah apa saja yang menjadi keinginan dan kebutuhannya. Seimbangkan antara keinginan dan pemenuhan kebutuhannya. Jangan langsung mengabulkan semua keinginan anak, agar ia tak tumbuh menjadi pribadi yang manja dan tak mau berusaha. Sifat-sifat inilah yang menggiring anak pada kecanduan games dan bisa mengakibatkan penurunan nilai akademisnya.

Beri Arahan dan Perhatian

Arahkan anak agar ia mengerti kebutuhan apa saja yang memang penting. Dampingi selalu anak dalam setiap masa pertumbuhannya. Berikan perhatian Anda sepenuhnya sebagai orang tua kepada anak Anda. Jika ia merasa diperhatikan dan disayangi, maka ia takkan mencari pelarian lain selain pada orang tuanya sendiri. Secara otomatis anak bisa dijauhkan dari games.

Bentuk konkrit dari perhatian dan kepedulian Anda kepada anak bisa saja terlihat sederhana. Hanya dengan mengajaknya mengobrol atau berkomunikasi tentang apa yang terjadi disekolah ataupun hal lainnya, Anda sudah berhasil membuatnya berinteraksi dengan orang-orang terdekat. Interaksi ini setidaknya mampu menjauhkannya dari games online.

Ajak Tamasya/Berwisata

Jika Anda mengajak anak bertamasya ke alam bebas, seperti ke pantai, air terjun, taman, bukit, dan tempat wisata alam lainnya, secara tidak langsung Anda sukses mengajak anak Anda untuk mengenal dunia luar. Pada beberapa kasus disebutkan bahwa anak-anak bermain games secara terus menerus karena ia terlalu banyak memiliki waktu luang. Sayangnya, waktu luang tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik, sehingga pelarian paling dekat bagi mereka adalah game online. Masalah ini bisa diatasi, tapi ini sangat membutuhkan kontribusi Anda sebagai orang tua.

Sebagai orang tua yang baik Anda harus benar-benar masuk ke dunia anak dan melibatkan diri Anda didalamnya, jadilah sosok orang tua teladan yang patut untuk dijadikan panutan karena anak-anak masih suka meniru apa-apa saja yang dilakukan oleh orang-orang disekitarnya terutama orang tua mereka, dengan demikian anak Anda dapat terhindar dari kecanduan game


Komentar