Untuk keamanan privasi, seseorang biasanya mengunakan pengunci layar pada hp yang mereka gunakan agar tidak bisa dibuka tanpa izin atau oleh orang lain yang tidak dikenalnya. Meskipun fitur ini sangat penting, akan tetapi terkadang kita lupa dengan nomor ataupun pola kunci yang digunakan pada perangkat hp tersebut

Membuka Kunci Pengaman HP Android Yang Lupa
Lupa dengan kunci hp adalah salah satu masalah yang bisa menimpa siapa saja. Bagaimana tidak, tanpa kunci hp privasi akan berkurang. Tetapi dengan menggunakannya maka ada kemungkinan lupa tersebut yang diakibatkan banyaknya hal yang lebih penting untuk diingat seperti jadwal pekerjaan, tugas, dan sebagainya.

Jika sampai hal ini terjadi, jangan panik karena ada beberapa step bagaimana cara membuka kunci hp android yang lupa.

1. Cara yang pertama adalah dengan aplikasi Android Device Manager. Dengan menggunakan aplikasi ini, maka merk hp akan bisa diketahui kabar lokasi terakhir ada dimana serta jam terakhir onlinenya.

Karena hp sedang terkunci,  maka aplikasi ini bisa diproses di hp orang lain selama memiliki akun Google dan terkoneksi dengan internet. Setelah memproses aplikasi ini, maka selanjutnya di layar akan muncul pilihan sandi baru dan konfirmasi sandi. Ada juga kolom pesan pemulihan (opsional) dan nomor telepon yang juga opsional.

2. Cara kedua yang bisa diterapkan adalah dengan Fitur Forgot Pattern. Seperti namanya, pola yang mengunci hp akan bisa dianalisis dan dibantu pemecahannya oleh fitur ini. Apabila dalam 5 kali percobaan polanya lupa dibentuk, maka akan muncul bantuan lupa pola.

Jadi, akan ada pertanyaan yang terkait dengan proses pembukaan sandi. Dengan menjawab pertanyaan tersebut Google bisa membantu menyelesaikan permasalahan lupa pola melalui konfigurasi email.

3. Cara ketiga yang dapat ditempuh yaitu dengan memakai Safe Mode. Jika pemilik menggunakan aplikasi pengaman lockscreen pada smartphone androidnya, maka bisa jadi jebakan muncul saat ada bug.

Untuk mengatasi hal ini, maka sebaiknya lakukan boot menuju Safe Mode. Masing – masing merk dan jenis smartphone memiliki tahapan sendiri menuju Safe Mode.
Oleh karena itu, proses browsing di internet dapat dilakukan untuk lebih bisa memaksimalkan tahapan ini. Jika sudah masuk ke dalam mode aman, maka selanjutnya lakukan proses uninstal ke aplikasi pengaman lockscreen. Jika aplikasi ini sudah teruninstal otomatis penguncian hp bisa langsung hilang.

4. Cara keempat adalah dengan melakukan factory reset. Sesuai dengan namanya, prosedur ini mengharuskan si pemilik hp untuk bisa merelakan data pada memori internal untuk dihapus atau direset. Jika tidak bisa mereset sendiri, maka cara paling aman dan tidak beresiko adalah dengan mendatangi service center sesuai merk hp atau ke tempat servis biasa.

Pada umumnya, teknisi akan langsung mengetahui apa yang perlu dilakukan. Namun, jika ingin mencoba sendiri pertama-tama sorot pilihan Wipe Data atau Factory Reset. Setelah itu, tekan tampilan daya  dan klik menu Reboot system now. Keunggulan dari cara ini adalah bisa dilakukan dengan cepat. Namun, dibalik keunggulannya ada juga kelemahan yaitu data yang tidak di back up akan lenyap.

Tips agar anda tidak lupa dengan nomor atau pola penguncian hp yaitu anda buat catatan pada laptop ataupun note lainnya diluar ponsel yang anda gunakan agar jika anda lupa engan nomor ataupun kunci pengamannya anda masih memiliki akses ke perangkat lainnya, sehingga anda bisa membuka penguncian perangkat tersebut. Jika hp anda hilang, mungkin anda bisa membaca cara melacak dan mencari hp hilang berikut agar anda bisa menemukannya.
Load More Related Articles
Load More By Aditya Reza
Load More In Panduan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tips dan Trik Strategi Terbaik Bermain Game PUBG

Bagi anda yang suka bermain game, kini telah hadir game online bernuansa baru dan bisa dib…