Melihat kecanggihan teknologi pada jaman modern seperti sekarang ini, sepertinya bukan hal yang baru lagi jika kita menemukan banyak sekali games yang bertebaran baik di PC maupun di smartphone.

Kalau games yang dimainkan pada PC/laptop mungkin sudah populer sejak lama, tapi games yang bisa dimainkan di telefon genggam agaknya baru mulai menjamur setelah telefon genggam telah menjadi telefon pintar alias smartphone.

Kehadiran smartphone ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi canggih bernama Android. Sistem operasi dengan logo droid/robot berkepala setengah lingkaran ini memberi angin segar bagi para gamers untuk dapat bermain game online populer kapanpun dan dimanapun dengan smartphone mereka.

Semua games yang diusung android adalah hasil kerja keras para desainer video games yang saling berlomba dalam menciptakan games yang menarik dan selalu bikin pemainnya merasa betah dan tertantang untuk selalu memainkan games itu. Tapi sepertinya bukan hanya itu saja yang membuat seseorang menjadi pecandu games. Lalu, apa saja kira-kira hal yang membuat seseorang menjadi kecanduan main game?

Mungkin awalnya seseorang cuma sekedar iseng saja mencoba satu atau beberapa games, atau mungkin tadinya cuma sekedar untuk hiburan saja. Tapi jika ternyata games tersebut berhasil membuatnya merasa tertarik dan tertantang, orang itu bisa saja secara tidak sadar menjadi kecanduan. Apalagi jika dia tidak bisa mengontrol diri dan mengatur waktu bermain.

Disadari atau tidak, bermain games nyaris sama dengan bermain judi, dimana desainer video games sangat memanfaatkan sifat alami manusia berupa rasa penasaran. Inilah daya tarik dari games ini. Kesempatan menang tetap ada, namun sangat kecil. Pemain game selalu mencoba mendapatkan poin tertinggi dan menambah ranking pada setiap kesempatan bermain.

Salah satu contoh paling konkrit dari game yang masih digandungi oleh para gamers sejak beberapa bulan lalu di tahun 2017 ini adalah Mobile Legend. Perlu diakui memang secara grafis dan mudahnya gameplay sangatlah menarik bagi para pecinta games. Bahkan saking mudahnya ada yang mengatakan kalau games ini bisa dimainkan siapapun, baik tua maupun muda, baik dia sudah berpengalaman dengan games MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) ataupun belum.

Games terbaru dengan konsep platform mobile ini pun dirancang dengan pertandingan yang berjalan dalam waktu yang bisa dibilang cukup singkat, hanya sekitar 20 menit saja. Kira-kira 20-25 menit lebih cepat dibanding games MOBA lainnya.

Selain faktor internal games itu sendiri, ada juga faktor luar seperti psikologis dan fisiologis dari pemain games (terutama anak-anak) yang mempengaruhinya menjadipecandu games. Faktor psikologis bisa berupa rasa bosan atau perasaan kesepian dan ketidakharmonisan dengan keluarga / lingkungan sekitar. Sedangkan faktor fisiologis bisa dari tingkat si hormon pengatur rasa senang, Dopamine, yang naik menjadi dua kali lipat saat gamers bermain games kesukaannya.

  • Mengatasi Kecanduan Game Pada Anak Dengan Penanganan Khusus

    Cara Mengatasi Kecanduan Game Online Melalui Pendekatan

    Di era modern seperti sekarang, kita pasti sudah tak asing lagi dengan teknologi canggih d…
Load More Related Articles
Load More By Aditya Reza
Load More In Games

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Tips dan Trik Strategi Terbaik Bermain Game PUBG Untuk Pemula

Bagi anda yang suka bermain game, kini telah hadir game online bernuansa baru dan bisa dib…