Cara Aktivasi Windows 10 yang Mudah Dilakukan Oleh Pemula

Berbeda dengan Linux, Windows merupakan sistem operasi close source sehingga Anda harus melakukan aktivasi agar fungsi yang dimiliki dapat digunakan secara bebas. Aktivasi harus dilakukan pada semua versi Windows baik Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10. Ada banyak cara aktivasi Windows 10 yang bisa Anda pilih, bisa menggunakan product key atau tanpa product key. Umumnya cara aktivasi Windows 10 Enterprise, Home, maupun Pro sama. Jadi Anda bisa memilih beberapa cara yang dianggap termudah dan dapat diikuti tanpa bantuan orang lain.

Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan Product Key

Windows 10 yang belum diaktivasi akan menyebabkan layar berwarna hitam dan muncul pemberitahuan bertuliskan Windows Version Is Not Genuine pada bagian kanan bawah desktop komputer Anda. Meskipun komputer masih bisa digunakan namun beberapa fungsi yang ada pada Windows tidak bisa berjalan sempurna. Selain itu, notifikasi yang muncul berulang-ulang juga dapat mengganggu aktivitas Anda. Sehingga jalan satu-satunya adalah dengan melakukan aktivasi agar Windows 10 Anda dapat digunakan secara permanen.

Berikut ini langkah-langkah aktivasi Windows 10 menggunakan Product Key.

  1. Jika belum memiliki Product Key, belilah terlebih dahulu di toko ritel fisik terdekat atau situs Microsoft Store Indonesia. Jika membeli di toko ritel maka Product Key yang Anda miliki disebut Physical License karena berupa disk. Sedangkan jika mendapatkan dari situs Microsoft maka Product Key tersebut disebut Digital License.
  2. Setelah mendapatkan Product Key, selanjutnya buka PC atau Laptop Anda kemudian masuk ke menu Setting.
  3. Pastikan Anda terhubung dengan internet yang stabil karena cara ini membutuhkan koneksi ketika proses aktivasi.
  4. Tekan pilihan Update & Security
  5. Di sebelah kiri ada menu Activation, pilih menu tersebut.
  6. Di menu Activation terlihat bahwa status Windows 10 Anda tidak aktif dan harus melakukan aktivasi.
  7. Tekan Change Product Key.
  8. Masukkan Product Key yang sudah Anda beli tadi baik berupa digital license atau physical license.
  9. Jika Product Key yang Anda masukkan benar, selanjutnya akan diarahkan pada halaman aktivasi Windows 10.
  10. Tekan Next untuk melanjutkan proses aktivasi.
  11. Tunggu sampai proses aktivasi selesai 100%.
  12. Jika proses selesai maka muncul pemberitahuan jika Windows 10 Anda sudah diaktivasi.
  13. Tekan Close.
  14. Windows 10 Anda sudah bisa digunakan secara permanen.

Cara aktivasi Windows 10 Pro permanen, Home permanen, atau Enterprise permanen yang tak kalah penting adalah harus benar ketika membeli Product Key. Jika Anda akan mengaktivasi Windows Pro maka lisensi yang harus dibeli yaitu milik Windows Pro. Begitu juga dengan Windows Home dan juga Windows Enterprise. Aktivasi permanen memungkinkan Anda untuk menggunakan lisensi yang telah dibeli secara berulang-ulang pada PC atau laptop yang sama. Jadi jika suatu saat Windows 10 Anda eror dan harus diinstal ulang, maka tidak perlu membeli lisensi lagi.

Baca juga : Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Cara Aktivasi Windows 10
Cara Aktivasi Windows 10

Cara Aktivasi Windows 10 Tanpa Product Key

Harga lisensi Windows 10 yang mahal membuat banyak orang tidak mampu membelinya sehingga tidak memiliki Product Key yang bisa digunakan untuk aktivasi secara legal. Namun Anda tak perlu khawatir karena ada cara lain yang bisa dipakai untuk aktivasi Windows 10. Cara aktivasi Windows 10 tanpa Product Key memanfaatkan tool aktivator dari Office dan juga Windows. Cara ini terbilang sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Selain itu, Anda juga tidak membutuhkan koneksi internet ketika melakukan aktivasi. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengaktivasi Windows 10 tanpa Product Key.

  1. Menggunakan KMS Auto Lite

Aplikasi pertama yang dapat membantu Anda melakukan aktivasi Windows 10 tanpa product key adalah aplikasi KMS Auto Lite. Aplikasi ini termasuk ringan dan bekerja secara offline jadi cukup menguntungkan. Selain itu GUInya juga sederhana dan rapi sehingga mudah digunakan oleh Anda yang masih pemula. Tidak hanya Windows 10 saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk aktivasi Windows jenis lain dan juga aktivasi Office.

Berikut ini langkah-langkah aktivasi Windows 10 menggunakan KMS Auto Lite yang bisa Anda ikuti.

Jika belum memiliki aplikasi KMS Auto Lite, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu. Aplikasi ini banyak tersedia dan mudah didapat melalui Google. Jika Windows 10 Anda adalah 64 bit maka download aplikasi KMS Auto X64, sedangkan untuk perangkat Windows 10 32 bit maka download KMS Auto X32. Selanjutnya Pasang KMS Auto Lite di PC atau laptop yang akan Anda aktivasi.

  • Buka aplikasi KMS Auto Lite

Setelah aplikasi terpasang di PC atau laptop Anda, selanjutnya buka dan jalankan aplikasi.

  • Install GVLK

Ditampilkan beberapa opsi yang bisa Anda pilih, kemudian tekan opsi Install GVLK. Selanjutnya, centang kotak Forcibly lalu tekan Windows Key. Proses instalasi akan berjalan dan tunggu prosesnya hingga selesai.

  • Install Activation

Setelah install GVLK, kemudian Install Activation dan tekan Activate Windows yang terdapat pada kotak Microsoft Product Activation. Tunggulah proses instalasi tersebut hingga selesai.

  • Restart PC

Jika proses selesai, selanjutnya matikan atau restart PC Anda.

  • Lakukan Pengecekan

Lakukan pengecekan dengan mengetikkan perintah smlgr/xpr pada Command Prompt (Admin).

  1. Menggunakan KMS Pico

Selain KMS Auto Lite, aplikasi lain yang dapat membantu melakukan aktivasi Windows 10 adalah KMS Pico. Banyak orang yang sudah berhasil ketika mencoba menggunakan cara ini baik untuk aktivasi Windows 10 Home, Pro, maupun Enterprise. Sama seperti KMS Auto Lite, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk aktivasi Office dan Windows versi lainnya.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah mudah yang bisa Anda ikuti.

  • Unduh dan Ekstrak Aplikasi KMS Pico

Unduh software aktivator KMS Pico melalui Google. Aplikasi tersebut berukuran kecil hanya beberapa MegaByte saja sehingga tidak akan menguras kuota data Anda. Selanjutnya ekstrak KMS Pico yang Anda unduh tadi karena biasanya file berbentuk rar.

  • Jalankan Aplikasi

Yang harus Anda perhatikan sebelum menjalankan aplikasi ini adalah mematikan semua aplikasi anti virus yang terpasang pada PC atau laptop. Baru kemudian jalankan KMS Pico menggunakan Run As Administrator. Aplikasi ini tidak bisa berjalan di mode user sehingga Anda harus menggunakan Run As Administrator.

  • Tunggu Proses Aktivasi

Setelah aplikasi dijalankan, Anda hanya tinggal menunggu proses aktivasi selesai. Biasanya proses aktivasi Windows 10 menggunakan KMS Pico selesai dengan cepat yaitu kurang lebih 3 menitan. Jika sudah selesai maka Windows 10 Anda bisa digunakan tanpa ada gangguan lagi.

Itulah informasi lengkap mengenai cara aktivasi Windows 10 Pro, Home, maupun Enterprise menggunakan Product Key atau tanpa Product Key. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa Windows 10 yang diaktivasi secara legal menggunakan Product Key memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih optimal. Selain itu, Windows 10 original tidak akan berpotensi menimbulkan bahaya nantinya.