Cara Mencegah dan Mengatasi HP Cepat Panas Dengan Mudah

7 min read
0
0
34
Ilustrasi HP Yang Panas Akibat Terlalu Sering Digunakan

Ketika HP digunakan terus menerus untuk jangka waktu yang lama, terkadang hal tersebut akan membuat HP menjadi panas. Hp yang panas tentunya akan sangat mengganggu karena tidak nyaman dipegang atau digunakan oleh pemakainya. Para pengguna masih banyak yang belum mengetahui kenapa HP cepat Panas?

Pada prakteknya penyebab HP cepat panas bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya anda terlalu sering memainkan game mobile berkualitas HD di HP yang secara teknis spesifikasinya kurang mendukung sehingg hal ini menyebabkan HP anda bekerja melebihi kemampuannya yang akan berakibat pada HP menjadi panas. Penggunaan charging dan waktu pengisian daya yang salah seperti kabel charging yang bukan aslinya serta terlalu sering melakukan pengisian disaat-saat baterai tersisa sangat sedikit dan juga faktor-faktor lainnya

Sebenarnya, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi atau mengatasi HP panas tersebut sehingga tidak sampai mengganggu aktifitas, dan berikut ini saya sajikan 8 langkah yang harus anda lakukan untuk mencegah HP cepat panas dan mengatasi HP yang panas tersebut agar tidak mengganggu kenyamanan anda saat menggunakannya untuk mengerjakan tugas dan bermain game di HP

  1. Cara yang pertama adalah dengan memakai charger HP yang original. Sebaiknya, gunakan charger yang asli karena sangat mempengaruhi kinerja HP. Ukuran ampere baterai berhubungan dengan besarnya layar dan kapasitas yang dialirkan oleh charger. Jika bukan original maka bisa jadi ukurannya tidak pas dan menyebabkan baterai cepat panas dan lebih mudah soak atau rusak. Apabila charger asli mengalami kerusakan maka sebaiknya membeli charger baru yang tetap original.
  2. Cara yang kedua yaitu dengan melihat aplikasi apa saja yang sedang berlangsung di latar belakang. Adakalanya pengguna lupa menutup aplikasi sehingga baterai HP cepat panas karena melakukan banyak kegiatan secara mulitasking. Selain itu, apabila pemilik hp cenderung suka main game, maka istirahatkan hp selama beberapa saat dan jangan terlalu lama menggunakan HP. Hindari pemakaian HP untuk hal-hal berat seperti bermain game saat dicharge, lebih baik jika HP dimatikan saja untuk melakukan penghematan baterai HP
  3. Cara yang ketiga yaitu unduhlah aplikasi Baterai Monitor yang bisa membantu melihat bagaimana kondisi fisik baterai. Aplikasi ini ada di Google Playstore dan dapat diperoleh dengan mudahsehingga anda dapat mengetahui tentang kondisi baterai HP yang anda gunakan dan melakukan antisipasi jika baterai HP sudah dalam kondisi panas
  4. Cara yang keempat adalah memastikan HP dalam kondisi sirkulasi udara yang baik. Banyak orang yang sering menyimpan hp di dekat TV, laptop atau gadget lainnya yang menimbulkan panas. Sebaiknya, letakkan HP di tempat yang sejuk dan tidak lembap. Misalnya di rak buku atau meja tetapi tidak dekat dengan aneka jenis gadget menyala.
  5. Cara yang kelima adalah dengan menghindari kontak HP dengan air sebisa mungkin. Tidak hanya air yang tumpah dan mengenai hp, baterai juga bisa terancam oleh uap air. Uap air inilah yang kemudian masuk ke mesin dan bersifat destruktif terhadap baterai dengan membuatnya cepat menjadi panas.
  6. Cara keenam yang dapat dilakukan adalah membersihkan spam atau cookies dan sebagainya dengan Clean Master. Seperti halnya Battery Monitor, aplikasi ini bisa diunduh di Google Playstore secara gratis.
  7. Cara ketujuh yaitu mengecek status fitur wifi. Fitur ini merupakan salah satu penyedot daya baterai yang paling banyak. Meskipun tidak sedang membuka internet, tetapi wifi yang dinyalakan bisa membuat baterai HP menjadi panas. Sebaiknya nyalakan fitur wifi ini saat dibutuhkan saja.
  8. Cara kedelapan adalah dengan mematikan bluetooth. Sama halnya seperti wifi, bluetooth juga amat menyedot saya baterai. Karena tidak dibutuhkan setiap saat, sebaiknya matikan saja bluetooth jika tidak ada transaksi data. Selain menghemat baterai, mematikan bluetooth juga akan membuat resiko HP terserang virus melalui bluetooth berkurang.

Silahkan anda lakukan langkah-langkah diatas untuk mengatasi HP Panas dan agar HP yang anda gunakan tidak cepat panas meskipun digunakan terus-menerus untuk jangka waktu yang cukup lama. Mungkin ada fitur yang penting yang tidak boleh anda matikan maka dari itu silahkan atur sesuai dengan kebutuhan anda.

Load More Related Articles
Load More By Aditya Reza
Load More In Panduan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Dan Trik Bermain Game Rules Of Survival Untuk Pemula

Game Rules Of Survival adalah game online terbaru yang bisa kamu mainkan di HP Android saa…