Pengertian Kartu SIM Prabayar dan Pasca Bayar, Mana Yang Bagus Dipilih

5 min read
0
0
37
Tips Membeli Kartu SIM Untuk HP Baru

Bidang teknologi telekomunikasi memang mengalami perkembangan yang pesat. Kini, inovasi berbagai produk ponsel pintar (smartphone) terus dilakukan oleh para produsen perangkat ini. Kehadiran banyak produk smartphone berspesifikasi canggih ini membuat operator jaringan seluler pun segera bertindak.

Mereka berlomba-lomba untuk menghadirkan kartu SIM yang mampu memenuhi kebutuhan perangkat smartphonedalam soal komunikasi, akses internet dan entertaiment.

Sebagian besar masyarakat mungkin lebih familiar dengan kartu SIM pra bayar. Hal ini dikarenakan penggunaan kartu ini relatif mudah dan harganya terjangkau.

Namun, operator jaringan seluler pun tidak tinggal diam, mereka pun gencar menawarkan berbagai kemudahan dari kartu pasca bayar. Misalnya: harga yang murah, kuota data internet, SMS hingga telepon yang melimpah.

Kondisi ini pun membuat beberapa pengguna operator jaringan seluler tergoda hingga memutuskan beralih ke kartu SIM pasca bayar. Nah, sebelum kamu memutuskan bertahan dengan kartu pra bayar atau beralih ke kartu pasca bayar sebaiknya diketahui dulu pengertian keduanya.

Kartu pra bayar

Kartu ini hanya dapat digunakan jika telah diisi pulsa atau paket data dengan nominal tertentu sebelum digunakan. Masa aktif dari kartu ini bervariasi bergantung kepada kebijakan dan program dari setiap operator jaringan seluler.

Kartu pasca bayar

Kartu ini memberikan keleluasaan kepada pengguna operator jaringan seluler untuk menikmati berbagai layanan berupa paket SMS, telepon hingga akses internet. Sistem pembayaran dari kartu ini akan dibebankan dalam bentuk tagihan penggunaan layanan pada akhir bulan. Masa aktif kartu ini adalah 30 hari (1 bulan) yang ditentukan berdasarkan BC (Billing Cycle).

Berdasarkan definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa layanan kartu pra bayar dapat dinikmati dengan isi pulsa atau membeli paket internet dahulu. Sementara itu, berbeda dengan kartu pasca bayar, dimana kamu dapat menikmati layanan terlebih dahulu kemudian membayarnya di akhir bulan.

Pemilihan salah satu dari kedua jenis kartu ini harus kamu lakukan dengan alasan yang jelas. Berikut ini adalah beberapa alasan yang membuatmu memilih kartu pra bayar maupun pasca bayar.

Alasan yang membuatmu memilih kartu pra bayar

  1. Kamu tidak mempunyai tanggungan pengeluaran rutin untuk kebutuhan komunikasi.
  2. Kamu ingin berlangganan berbagai layanan operator jaringan seluler dengan cara yang praktis. Tidak mau repot-repot datang ke gerai resmi, mengisi formulir, tanda tangan surat perjanjian hingga menunggu nomor diaktifkan beberapa hari kemudian.
  3. Kartu SIM yang kamu gunakan hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan akses internet.

Alasan yang membuatmu memilih kartu pasca bayar

  1. Kamu sudah memiliki perencanaan yang terperinci mengenai kebutuhan internet setiap bulannya.
  2. Kamu tidak gampang terpengaruh dengan berbagai promosi paket murah karena kebutuhan internet telah tercukupi.
  3. Kamu menginginkan prestise yang tinggi karena kartu SIM pasca bayar memberikan layanan yang eksklusif dan prioritas utama.

Sekarang anda mengertahui pengertian dari masing-masing Kartu SIM untuk HP tersebut. Sekarang silahkan anda sesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri mana yang kira-kira cocok untuk anda gunakan. Setiap tipe kartu SIM memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jangan lupa cek IMEI Hp anda untuk menegetahui keaslian perangkat yang anda gunakan, apa lagi bagi pengguna Kartu SIM Pasca Bayar, kartunya sudah eksklusif masa Hpnya gak ori.

Load More Related Articles
Load More By Aditya Reza
Load More In Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Tips Dan Trik Bermain Game Rules Of Survival Untuk Pemula

Game Rules Of Survival adalah game online terbaru yang bisa kamu mainkan di HP Android saa…